Part Time Student – Full Time Turis

KRS Lintas Jurusan di Fakultas Lain

Minat ambil matkul lintas jurusan di fakultas lain? Atau sengaja pengen ambil matkul di fakultas lain biar gk desak-desakan waktu KRS online di Fisipol? Silahkan ikuti tutorial berikut :

  1. Silahkan cek kapan fakultas tersebut melakukan KRSan, perlu diingat bahwa fakultas seperti fisipol dan psikologi memiliki jadwal waktu krsan yang lebih dahulu/tidak sama waktunya dengan 16 fakultas yang lain. Cek jadwal KRS fakultas ybs.
  2. Silahkan cek daftar matkul yang ditawarkan di fakultas yang anda minati. Cek matkul yang ingin anda ambil, apakah matkul tsb clear dan bisa diambil oleh mhs dari jur/fakultas lain. Ingat bahwa tidak semua matkul bisa diambil karena ada bbrp matkul yang membutuhkan prasyarat dan memiliki tingkatan utk bisa diambil. Anda bisa menanyakan perihal ini kebagian akademik/jurusan/fakultas/atau ke dosen matkul ybs.
  3. Setelah clear dan dipastikan bisa diambil, silahkan datang ke bagian akademik atau ke FO untuk meminta surat pengantar dari akademik fisipol. Surat pengantar ini untuk menyatakan bahwa anda merupakan mahasiswa fisipol dan berniat untuk mengambil mata kuliah lintas jurusan di fakultas X. Pastikan jadwal matkul tersebut tidak berbenturan dengan mata kuliah yang anda ambil di fisipol.
  4. Setelah surat jadi, silahkan bawa surat tersebut ke bagian akademik fakultas yang anda tuju. Anda kemudian akan dicantumkan sebagai peserta mata kuliah di fakultas tersebut.
  5. Ikuti semua peraturan yang berlaku di fakultas tersebut dan penuhi setidaknya persyaratan minimal perkuliahan matkul yang anda ambil.
  6. Pada akhir semester nilai akan ditransfer oleh bagian akademik fakultas tempat dimana anda mengambil matkul lintas jurusan tersebut ke bagian akademik fisipol.
  7. Jikalau karena sesuatu dan lain hal nilai anda belum/tidak ditransfer, silahkan datang ke bagian akademik fakultas tersebut untuk meminta nilai anda dan selanjutnya anda bawa ke bagian akademik fisipol untuk diinput ke sistem. Nilai selanjutnya akan diinput dan muncul di KHS / Transkrip anda.

Demikian tutorial pengambilan mata kuliah lintas jurusan di fakultas lain.