Part Time Student – Full Time Turis

Tips, Trick, dan Strategi dalam menghadapi TOEFL IBT

Berikut adalah tips, trick, dan strategi untuk menghadapi TOEFL IBT hasil rangkuman saya sendiri.

Secara general TOEFL IBT bukanlah sesuatu yang susah dan rumit, yang dibutuhkan untuk menghadapi TOEFL IBT hanyalah persiapan yang cukup dan matang. Cukup disini relative lho yah  maksud saya kita sudah belajar bahasa Inggris sejak dari masih duduk dibangku sekolah dan setelah kuliah pun kita pasti pernah mengerjakan yang namanya test toefl meskipun hanya toefl-like, toefl prediction dsb. Selain itu kita juga sudah sering mendengar, membaca, dan melihat bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari melalui film, berita, televisi, website, radio, pamflet, dll sehingga bisa disimpulkan bahwa sedikit banyak kita sudah familiar dengan bahasa Inggris.

TOEFL IBT merupakan test toefl yang berbeda dengan TOEFL yang sebelumnya karena merupakan TOEFL generasi baru yang terdiri atas 4 bagian ; Reading, Listening, Speaking, dan Writing. 2 Bagian terakhir inilah yang menjadi pembeda antara TOEFL IBT dengan TOEFL ITP atau TOEFL versi sebelumnya.

Sejauh yang saya tahu, belum ada TOEFL IBT Preparation di Yogyakarta, yang ada hanyalah TOEFL ITP preparation dan IELTS preparation tentunya sehingga bagi anda yang ingin belajar untuk mendalami TOEFL IBT saya sarankan untuk membeli atau meminjam buku tentang TOEFL IBT karena akan lebih tepat sasaran daripada anda mendaftar TOEFL ITP preparation. Alasannya simple, karena MEMANG BERBEDA baik secara level maupun bagian-bagian dari testnya.


Jika diibaratkan sepakbola, anda tidak mungkin ikut Piala Dunia dengan persiapan hanya melawan Tim Liga Indonesia atau Tim yang rankingnya sebatas level Asia. So, sebaiknnya dan sepantasnya persiapan yang anda lakukan adalah persiapan untuk bertanding di level Piala Dunia pula.

Untuk menghadapi TOEFL IBT buku yang tepat adalah Cambridge TOEFL IBT.

Jika tidak dapat menemukan buku tersebut, anda bisa menggunakan KAPLAN IBT

Buku-buku tersebut memiliki tingkat kesulitan yang setara dengan test TOEFL IBT yang sesungguhnya.

Tips menjelang test TOEFL IBT :

  1. Belajar 😀
  2. Malam sebelum ujian jangan begadang, HARUS TIDUR. Kata Bang Haji Begadang itu tiada gunanya 😀 Anda akan menghadapi test selama 4 jam, dibutuhkan stamina yang prima untuk menghadapi test TOEFL IBT. Belajar sistem kebut semalam tidak akan berguna. Percayalah
  3. Berdoa.

Tips pada saat akan Ujian :

  • Datang 45 menit sebelum ujian dimulai, gunanya untuk membiasakan diri dengan tekape ujian dan melakukan pengecekan sebelum test dimulai. Cek apakah anda sudah membawa Identitas yang dipergunakan pada saat mendaftar
  • Gunakan pakaian yang nyaman, pertimbangkan suhu di ruang ujian yang biasanya pasti dingin. Jika anda tidak tahan dingin sebaiknya gunakan jaket. Panitia memperbolehkan jaket untuk dipakai di dalam ruang ujian.
  • Pada saat melakukan pendaftaran ulang, mungkin anda bisa meminta kepada panitia untuk menjadi peserta terakhir yang masuk ke ruang ujian. Hal ini sangat penting jika anda akan menggunakan strategi Kura-kura atau menggunakan waktu selama mungkin pada saat mengerjakan test TOEFL IBT. Tujuannya jelas, agar nanti pada sesi ketiga atau sesi speaking, anda tidak melakukan speaking bersamaan dengan peserta lain.
  • Jangan minum air terlalu banyak menjelang test karena pada saat test anda tidak diperbolehkan ke belakang atau ke rest room. Anda hanya bisa ke rest room pada saat jeda break 10 menit setelah sesi listening dan menjelang sesi speaking.
  • Usahakan tetap tenang dan tidak tegang karena apabila anda tegang dan tidak rileks, hak tersebut tidak akan banyak membantu anda dalam menghadapi test yang akan berlangsung.

Tips Khusus TOEFL IBT

  1. Perlambat diri anda pada saat mengerjakan TOEFL IBT agar pada saat anda tiba pada sesi speaking, anda tidak melakukannya bersamaan dengan peserta lain. Meskipun anda sudah memakai headset yang bagus pada saat test berlangsung, hal tersebut tidak akan menjamin bahwa anda akan bebas gangguan pada saat melakukan speaking karena kita tidak tau seberapa keras suara peserta lain dalam melakukan sesi speaking. Pengalaman saya meskipun sudah memakai headset, suara peserta lain masih terdengar dan agak menganggu konsentrasi saya 🙁 Repotnya adalah kalau ternyata peserta yang lain juga menggunakan strategi yang sama dengan melakukan penundaan atau memperlambat pengerjaan, alamat cengar-cengir waktu tiba sesi speaking 😀
  2. Jika anda tidak bisa memperlambat, Percepat diri anda dalam mengerjakan soal. Sesi Reading dan Listening dipercepat pengerjaannya sehingga anda bisa mencapai sesi Speaking lebih awal dari peserta yang lain. Akan terbantu juga jika anda merupakan peserta pertama yang masuk ke ruang test dan mengerjakan test paling awal sehingga ketika sesi speaking tidak akan bersamaan dengan peserta lain. Tips ini tidak recommended karena membutuhkan keberanian ekstra untuk mengerjakan sesi Reading dan Listening dengan cepat 😀 It’s your choice… hehehehe…

Selain itu ada satu tips yang kira-kira seperti ini :

Pada saat mendaftar Test TOEFL IBT, carilah tempat test yang memiliki koneksi internet agak lambat karena akan memperlambat proses pengiriman soal. Menurut informasi, dengan cara ini anda bisa mendapat waktu ekstra sekitar 1-2 detik persoal yang muncul di monitor. Lumayan untuk sedikit bernafas.

Cuma sayangnya saya belum pernah mempraktekkan tips yang satu ini karena pada saat saya melakukan pendaftaran untuk test TOEFL IBT, tempat yang tersedia hanya 1 sedangkan tempat yang lain tidak tersedia sehingga saya tidak bisa memilih tempat test dilaksanakan. Ada yg mau coba tips yg satu ini? 😀

Baca Juga :

Pembayaran Test TOEFL IBT

Mendaftar Test TOEFL IBT

Membuka Akun di ETS.ORG

Berbagai Macam Test TOEFL di Yogyakarta

Belajar Menghadapi TOEFL IBT

Pengalaman Mengikuti Test TOEFL IBT

1 Comment »

  1. Gilang Hartonos Said,

    December 14, 2013@ 9:12 AM      Reply

    Thanks ya mas atas informasinya 😉 sangat berguna untuk saya


RSS feed for comments on this post

Leave a Comment